Sabtu, 19 Mei 2012

Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP/MTs di Kota Pekalongan Tahun 2011


Oleh :
Muhammad Ali Gunawan; Fajru Sidqi; Haryanto; dan Dwi Eddy Wibowo

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta mengevaluasi: 1) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) di Kota Pekalongan ditinjau dari komponen konteks, input, proses dan product; 2) Kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) di Kota Pekalongan.
Dari 35 SMP/MTs yang ada di Kota pekalongan diambil 10 (sepuluh) sekolah sebagai sampel dalam penelitian ini dengan teknik multistage sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk data primer (kuantitatif) dan kualitatif untuk data sekunder.

Ujian Nasional (UN) Perlu dipertimbangkan Bentuk Soalnya

Berkali-kali kasus mendera dunia pendidikan kita, namun kita masih saja belum mampu mengambil pelajaran dari semua itu. Berapa banyak siswa yang tidak lulus hanya karena menegejar selembar kertas hasil tagihan dalam bentuk soal pilihan ganda yang notabenenya sarat dengan untung-untungan (guessing)? apakah ya siswa yang mendapat skor 0 berarti tidak memahami apapun tentang materi yang dipelajari? non sen....! disinilah perlunya dipertimbangkan kembali bentuk soal UN.
Tetapi kalau dasarnya adalah untuk mempermudah dan mempercepat sistem koreksi dengan mesin, maka alasan ini adalah sama saja benar bahwa pendidikan kita masih memandang manusia bukan sebagai manusia, tetapi robot-robot yang diatur oleh sistem mesin yang kaku dan monoton.

Pengaruh Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Statistika Matematika 1 Dengan Mengontrol Motivasi Belajar

Oleh Muhammad Ali Gunawan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan prestasi belajar (Y) antara mahasiswa yang diajar dengan metode inkuiri (A1) dengan metode penugasan (A2) dan metode ceramah bermedia (A3) pada mata kuliah statistik matematika I program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Pekalongan, Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X). Penelitian dilakukan terhadap seluruh mahasiswa semester IV yang berjumlah 114 orang (30 orang kelas IVA, 36 orang kelas IVB dan 48 orang). Analisis Data penelitian menggunakan analisis kovarian (anakova 1 jalur).