Sabtu, 28 Desember 2013

Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Media Gambar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Batang



by: Ira Oktarina

ABSTRAK

Proses pembelajaran pada saat ini sangat dituntut agar mampu memberikan pengalaman belajar secara langsung pada siswa dan juga dapat menerapkan pembentukan pola pikir yang cermat dan terampil. Oleh karena itu, guru dalam mengajar matematika perlu memilih model pembelajaran yang tepat sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. salah satu model pembelajaran yang mendukung terciptanya siswa belajar yang dinamis, tidak menjenuhkan dan mampu mamacu kreativitas dan interaksi siswa dengan guru.adalah model pembelajaran think pair share dengan media gambar yang merupakan implikasi dalam pembelajaran matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Batang pada materi prisma dan limas dengan model pembelajaran think pair share dengan media gambar mencapai ketuntasan belajar. 2) apakah rata-rata prestasi belajar siswa pada materi prisma dan limas yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media gambar lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori . Dengan populasi siswa kelas VIII sebanyak 152 siswa yang terdiri atas empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran think pair share dengan media gambar dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Hasil penelitian menunjukan bahwa,1) dari hasil uji proporsi satu pihak dengan ketuntasan klasikal pada kelas eksprimen diperoleh  = 2,61 lebih besar dari  = 1,64 maka H0 ditolak, artinya proporsi belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar lebih dari 75%, 2) rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 83,70 lebih baik dari rata-rata prestasi belajar kelas kontrol sebesar 77,03. Berdasarkan keberhasilan kedua hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.  Maka disarankan hendaknya  guru dapat menerapkan model pembelajaran think pair share yang sesuai dengan materi prisma dan limas, guru dapat menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran yang dapat yang membangkitkan minat belajar siswa dalam pembelajaran, selain itu media gambar juga memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang sedang dipelajari. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Gambar.

Tidak ada komentar: