Sabtu, 28 Desember 2013

Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono Tahun Pelajaran 2012/2013


 ABSTRAK

By: Musyarofah



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII semester II MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin Medono tahun pelajaran 2012/2013. Dalam populasi diambil tiga kelas dengan teknik random sampling, dalam pengertian yang dirandom adalah kelasnya. Terpilih kelas VIIA diajar dengan metode inkuiri dan VIIB diajar dengan metode role playing sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol diajar dengan metode ceramah. 
Hasil analisis data diperoleh F-hitung prestasi belajar (X1) = 4,262 dengan nilai signifikansi 0,24 < α =0,05. F-hitung motivasi belajar (X2) = 2,398 dengan nilai signifikansi  0,009< α = 0,05. Dan F-hitung metode pembelajaran dengan motivasi belajar (X1*X2) = 0,709 dengan nilai signifikansi 0,794 > α = 0,05. Artinya terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa dengan menerapkan ketiga metode pembelajaran, dan terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa, namun tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Regresi antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar diperoleh nilai signifikansi = 0,003 < α =0,05 dan diperoleh R square = 0,093. Regresi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar diperoleh nilai signifikansi= 0,000 < α = 0,05 dan diperoleh R square = 0,491. Dan regresi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < α =0,05 dan diperoleh R square = 0,538. Maka, metode pembelajaran berpengaruh sebesar 9,3% terhadap prestasi belajar, motivasi belajar berpengaruh 49,1% terhadap prestasi belajar, dan metode pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama 53,8% terhadap prestasi belajar. Saran penulis, hendaknya guru dalam memilih metode pembelajaran disesuaikan dengan tingkat usia maupun tingkat pendidikan agar siswa lebih termotivasi untuk belajar dan dapat memahami konsep materi yang dipelajari.
Kata kunci : Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar 

3 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh minta data mentahnya? untuk tugas kuliah SPSS. regresi berganda...
sebelumnya terima kasih :)

Muhammad Ali Gunawan mengatakan...

Untuk Data hasil penelitiannya ada di Peneliti, perlu ijin peneliti. Mohon Maaf

Muhammad Ali Gunawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.