Sabtu, 19 April 2014

MEMBANGUN KEMANDIRIAN PANTI ASUHAN MELALUI COMPETENCY BASED ECONOMIC FORMATION OF ENTERPRISES (CEFE)

Oleh Muhammad Ali Gunawan, Benny Diah Madusari, Dwi Edi Wibowo

ABSTRAK




Pengurus Panti Asuhan mengalami  kesulitan dalam pendanaan karena pendanaan satu- satunya dari Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Sosial, maka diperlukan dana yang sumbernydari  Panti  Asuhan  Sayap  Sehat  dengan  menggali  potensi  yang ada di Panti Asuhan tersebut dengan mengembangkan jiwa kewirausahaan. Selain itu kesadaran hukum di lingkungan Panti Asuhan masih sangat kurang dan pendidikan karakter bagi generasi di lingkungan Panti Asuhan belum maksimal. Maka Ibm Ditujukan pada dua panti tersebut yang berlokasi di Kecamatan Wonopringgo dan Kecamatan Karanganayar Kabupaten Pekalongan.
Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi kegiatan, pelatihan CEFE (Competency Based Economic Formation of Enterprise), Pelatihan Pembuatan Aksesoris berbahan baku kain perca , Pelatihan Pembuatan makanan ringan (Torakor, Sale Pisang dan Nuget Ikan). Target luarannya ,ketrampilan Anak anak panti asuhan dalam usaha produksi meliputi : handycraft dari kain perca, makanan nugget, torakur dan sale pisang, perubahan sikap anak anak panti dalam memilih bahan makanan yang sehat dan higienis, Sertifikat pelatihan manajemen pengelolaan panti asuhan berbasis enterprenurship, Tersusunnya artikel ilmiah yang dipublikasikan   di   Jurnal   Nasional   tidak   terakreditasi,   Tersusunny buku   pedoman pelaksanaan pengelolaan panti asuhan berbasis enterpreneurship dan tersusunnya buku pedoman teknologi tepat guna .
Hasil kegiatan diperoleh bahwa terjadi perubahan mindset pengelolaan panti dari ketergantungan terhadap donatur menjadi kemandirian berbasis kewirausahaan dan meningkatnya keterampilan berwirausaha dikalangan anak-anak panti asuhan.
Kata Kunci : CEFE (Competency Based Economic Formation of Enterprise), Panti Asuhan, Kewirausahaan, Kemandirian.

Tidak ada komentar: